Kamis, 22 Maret 2012


Sejarah  Sistem Operasi
Pada awal kemunculannya OS terlihat sederhana. Namun sekarang, OS sudah serba bisa. Beragam tugas dan fungsi mampu dikerjakan dengan cepat dan paralel.
Awalnya, sebuah sistem operasi dioperasikan atau dikendalikan oleh manusia berperan sebagai operator, dan terus mengalami perkembangan sampai pada tahun 60-an OS pertama dikembangkan oleh IBM dengan nama OS/360 yang juga merupakan OS pertama yang menggunakan Hard disk. Dan tidak lama kemudian lahirnya beragam OS-OS yang telah kita kenal seperti Windows, Linux, MAC OS X atau Solaris dengan prototipe bernama UNIX.
UNIX : bahasa C yang dikembangkan untuk OS ini.
Setiap OS membutuhkan sebuah bahasa komputer. Demikian juga dengan Windows yang banyak digunakan saat ini. MS- DOS yang kita kenal sejak tahun 80-an cukup berhasil pada saat itu, namun itu hanya untuk interface dengan beragam fungsi yang ada melalui kernel DOS dan bukanlah sebuah OS.
OS sebenarnya dari Microsoft adalah Windows NT yang muncul pada tahun 1993, disusul oleh Windows 95, 98, ME, XP dan Vista, serta Windows 7 yang telah dirilis pada akhir 2009 lalu.
Microsoft terus mengembangkan beragam OS mereka agar tidak ketinggalan dari pesaing mereka. Contohnya adalah dengan mengembangkan OS baru yang akan terbebas dari blue screen. Windows baru yang disebut-sebut sebagai revisi dari vista yaitu Windows 7.

Sejarah Perjalanan OS :
1.      Tahun 1956
GM-NAA I/O, Merupakan OS yang digunakan pertama kali oleh General Motors pada komputer besar IBM 704.
2.      Tahun 1969
UNIX, OS modern pertama ini diperkenalkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie untuk platform game “Space Travel” mereka.
3.      Tahun 1973
Xerox Alto, Sistem pertama dengan graphical interface, digunakan hanya sampai tahun 1981.
4.      Tahun 1981
MS-DOS, OS sederhana yang ditawarkan pada PC dan mengantarkan Microsoft menuju keberhasilan.
5.      Tahun 1983
LISA OS, Apple mengeluarkan desktop pertamanya dilengkapi dengan kontrol mouse untuk PC yang akhirnya ditiru oleh Microsoft.
6.      Tahun 1985
Windows 1.0, Dirancang sebagai interface untuk DOS, dikembangkan selama 2 tahun namun tidak berhasil di pasaran.
7.      Tahun 1989
EPOC16, Nenek moyang OS Symbian ini merupakan OS multitasking pertama dengan graphical interface untuk perangkat mobile.
8.      Tahun 1992
Linux, OS dengan kernel UNIX ini ditawarkan oleh Linus Torvalds sebagai Open Source.
9.      Tahun 1995
Windows 95, System 32 Bit Microsoft untuk Home User yang cukup berhasil. Dalam 4 hari terjual satu juta license.
10.  Tahun 2001
  • Mac OS X, Apple melakukan perubahan sistem, dan memperkenalkan OS berbasis UNIX.
  • Windows XP, Gabungan Windows NT dan 95 ini sampai sekarang menjadi Windows terpopuler.
11.  Tahun 2007
Singularity, Microsoft Research mengembangkan sebuah OS baru tanpa adanya blue screen dan buffer overflows.
12.  Tahun 2010
Windows 7, Sistem modern harus serba bisa. Penerus Vista ini cukup nyaman digunakan tanpa spesifikasi hardware yang tinggi layaknya Vista dan dioperasikan melalui touchscreen.



“Apple Company (MacOS)”
Apple didirikan oleh Steve Jobs bersama dengan Steve Wozniak pada 1 April 1976 di Palo Alto / California. Steve Wozniak adalah seorang insinyur dan Steve Jobs pengusaha. Steve Wozniak adalah orang pertama yang menempatkan komputer, dia telah mendapatkan pengalaman di Hewlett-Packard dengan pembangunan kalkulator saku,  komputer dan keyboard dengan layar monitor berwarna. Steve Jobs terkonsentrasi pada bagian bisnis.
Dengan "Byte menjadi Apple" (penjelasan: "Byte" adalah 8-bit yang terdengar seperti-gigitan) penjualan diiklankan "sistem komputer mikro pertama murah dengan port tampilan layar dan 8 kilobyte RAM pada satu papan PC tunggal". Dengan mengiklan penjualan, untuk logo Apple saat ini adalah pelangi berwarna-apel dengan gigitan. Pengembangan lebih lanjut Apple II datang pada tahun 1977, penerus Apple III 1980 sampai ditoko-toko. Apple III disajikan pada Konferensi Komputer Nasional (NCC) di California pada 1980/05/19, Sistem Operasi Canggih dikembangkan sebagai sumber tertutup dan memiliki kernel monolitik. Apple adalah salah satu pelopor komersial pertama yang ditawarkan dengan Lisa Komputer dan Lisa OS sistem operasi dengan antar muka pengguna grafis bersama-sama dengan simbol dan menu pada tahun 1983. Lisa ditetapkan pada fitur yang standar saat ini, antarmuka pengguna grafis dengan mouse untuk operasi. Sebagai aplikasi standar yang LisaCalc (program perhitungan), LisaGraph untuk presentasi grafis, LisaDraw (program gambar), LisaWrite untuk pengolahan teks, LisaProject untuk metode rencana bersih, LisaList sebagai file sistem manajemen dan LisaTerminal yang juga disertakan.
Pada 24 Januari 1984 keberhasilan dimulai dengan komputer Macintosh di pratinjau oleh Steve Jobs. Output suara sintetis dari sebuah teks euphorically diambil oleh penonton di preview publik dari fitur kinerja. MAC (mouse Activated Komputer) diperkenalkan pada tahun 1986, GS / OS (grafis dan Suara OS) mengambil ProDOS 16 off, grafis baru 16 bit sistem peningkatan efisiensi jauh. Prosedur boot, disk penyimpanan akses dan waktu mulai program jauh lebih cepat sekarang.
Setelah kontroversi internal atas pimpinan perusahaan dari Apple Steve keluar dari perusahaan dan didirikan dengan karyawan lain perusahaan NeXT pada tahun 1985. Pada tahun 1986 NeXT mengambil perusahaan Pixar Animation Studios yang mengkhususkan diri dalam animasi komputer. Kartun animasi seperti Toy Story (1995), Life Hidup A Bug 's (1998) dan Toy Story 2 (1999) dibuat menjadi kenyataan. Pada tahun 1987 Mac diperpanjang II yang dijual disajikan dalam 50.000 kali sebulan.
Mac OS adalah dalam kompetisi dengan kehadiran pasar Windows 3.0. Apple memperkenalkan teknologi baru seperti multitasking dan menambahkan fungsi di bidang multimedia, komunikasi, pengenalan suara dan video serta modem faks /. Apel diterbitkan komputer pertama notebook PowerBook dengan sukses pasar yang tinggi pada tahun 1991. Newton produk, asisten digital pribadi diterbitkan pada 1993 yang tidak benar-benar mendapatkan penerimaan di pasaran. Model terakhir bernama MP2100 dan disampaikan dengan Newton OS 2.1 pada tahun 1997. Preemptives multitasking dan manajemen hemat energi.
 Apel terkejut publik dengan take-over dari NeXT seharga 400 juta dolar pada musim dingin 1996. Steve Jobs kembali ke Apple. Mengambil-alih Jadilah adalah dalam percakapan sebelumnya, tetapi karena perjanjian gagal untuk harga jual itu tidak terjadi. Tawaran masuk dari Apple adalah 50 juta dollar AS. ". Apel memulai proyek sistem operasi Rhapsody yang mungkin dengan pembelian NeXT Inc perangkat lunak termasuk NeXTSTEP. Apel diterima Internet Explorer sebagai standar di Mac OS os serta Microsofts.
Apple telah kembali dan disajikan Power Mac G3 baru pada tahun 1997. Kemudian diikuti PowerBook G3 dan versi iMac eksotis dengan kasus transparan dan bentuk yang kompak. Apple terus bekerja pada Rhapsody dan bersatu dengan Mac OS ke Mac OS X. Apple mengubah strategi usahanya dengan dukungan Sumber resmi Terbuka pada tahun 1999 yang telah menjadi bagian penting dari Apple sekarang.
Memperbarui 2004/06/01 Di EXPO Macworld di San Francisco pada Steve Jobs publik pidatonya pembukaan bahwa Mac OS X digunakan oleh 9,3 juta pengguna yang sama sekali 40 persen dari semua OS diinstal sistem operasi Mac. Sementara 10.000 aplikasi asli adalah untuk Mac OS X tersedia.

Pada bulan Januari 2005 Apple merilis Mac mini ke pasar
an. Sistem komputer ini ditawarkan tanpa layar, keyboard layar atau mouse tergantung pada model sistem mulai dari € 489. Dimensi sangat kecil dari 16,51 cm x 5,08 cm x 16,51 cm (WxHxD) dan berat badan rendah nya kurang dari 1,4 kg adalah fitur yang tidak biasa. Selanjutnya termasuk: CPU G4 1,25 ghz dengan, DVD ROM / CD-RW drive, 256 MByte DDR-SDRAM, ATI Radeon 9200 papan grafis, 10/100 base-T ethernet, 56-K modem, DVI / VGA port, USB 2.0 , FireWire 400, audio output, Mac OS X 10.3 dan perangkat lunak lain.
Pada awal (Worldwide Developers Conference) WWDC 2005 Steve Jobs menerbitkan perubahan ke platform Intel x86. Alasan perubahan itu bahwa Apple tidak puas dengan IBM sebagai pemasok untuk PowerPC CPU karena tidak tersedia dalam 3 ghz dan varian lebih cepat. Perubahan ini dimulai pada pertengahan tahun 2006 dan akan selesai pada akhir tahun 2007.
Apple menyediakan software Xcode 2.1 untuk port dari aplikasi PowerPC pada platform baru untuk pengembang. Dengan Xcode dibuat Mac perangkat lunak memiliki sebagian besar perangkat lunak yang tersedia. Untuk aplikasi ini bisa porting tidak atau hanya berat, emulator Rosetta membantu pada pelaksanaan aplikasi PowerPC pada arsitektur x86. Tentu saja hal ini memiliki kerugian dalam kecepatan eksekusi sebagai konsekuensinya. Komputer Mac dan Mac OS akan tetap dipisahkan. Mac OS X 10,3 digunakan oleh approx sebanyak 14 juta pengguna. Mac OS X 10.5 (leopard) akan muncul pada akhir 2006.
- Newton PDA dan sistem operasi Newton
- PageMaker (Software Publisher)
- Apple Quicktime
- iTunes
- iDVD
- iMovie2
- AppleWorks
- DVD Studio Pro
- Final Cut Pro
- Sistem Operasi Canggih (SOS)
- Mac OS X
- A / UX
- ProDOS
- IPod, dirilis pada Oktober, ditutup source sistem operasi dari Pixo (Pixo kernel)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar